Konfigurasi Laravel Valet di Linux


Konfigurasi Laravel Valet Linux – Setiap pemrogram (programmer), punya cara tersendiri mengkonfigurasi lingkungan pengembangan lokalnya. Ada yang menggunakan virtual machine seperti Docker untuk menampung setiap service, ada juga yang cukup menggunakan stack PHP dan pangkalan data, untuk kemudian menggunakan PHP built-in web server agar dapat diakses melalui peramban (browser).

Laravel sebenarnya sudah menyediakan paket resmi bernama Homestead yang berbasis Vagrant untuk lingkungan pengembangan lokal. Homestead merupakan pre-package Vagrant box yang memungkinkan kita mengembangkan aplikasi berbasis PHP tanpa harus menginstall LAMP stack di sistem operasi. Sebagai gantinya, kita menggunakan virtual machine yang di dalamnya berisi Nginx web server, PHP 7.2, PHP 7.1, PHP 7.0, PHP 5.6, MySQL, PostgreSQL, Redis, Memcached, Node, dan lain sebagainya.

Sebagai alternatif, Laravel juga menyediakan lingkungan pengembangan resmi yang bernama Valet. Berbeda dengan Homestead yang menggunakan virtual machine, valet menggunakan paket aplikasi yang terinstal di sistem operasi. Sayangnya, secara resmi Laravel menyediakan Valet hanya untuk Mac. Beruntungnya, ada pengembang di luar sana yang memungkinkan Valet dapat berjalan di Linux dengan fitur yang kurang lebih sama.

Instalasi Valet Linux

Pastikan Composer sudah diinstal pada mesin lokal. Instalasi Composer juga seharusnya disertai dengan instalasi PHP.

$ sudo apt install composer

Di distro Ubuntu dan turunannya, Composer otomatis di simpan ke dalam direktori /usr/bin yang terdaftar dalam $PATH. Hal ini memungkinkan perintah composer di akses dari direktori mana saja.

Instal Valet Linux melalui Composer dengan perintah berikut:

$ composer global require cpriego/valet-linux

Agar perintah valet dapat diakses dari mana saja, kita harus mendaftarkan direktori tersimpannya binary Valet tersebut pada variabel $PATH di Linux. Sebagai contoh, di Ubuntu binary Composer tersimpan dalam direktori berikut:

~/.config/composer/vendor/bin

# yang merupakan alias dari
/home/user/.config/composer/vendor/bin

Tambahkan path direktori di atas pada variabel $PATH dengan perintah di bawah.

$ export PATH=$PATH:~/.config/composer/vendor/bin

Validasi dengan perintah echo $PATH untuk memastikan direktori binary Composer sudah terdaftar dalam $PATH.

Linux Valet

Linux Valet

Terakhir, jalankan perintah valet start untuk menginisiasi beberapa service dan menginstal beberapa paket yang belum tersedia di sistem operasi.

Menjalankan Web dengan Valet

Sebelum web yang kita kembangkan dapat diakses melalui peramban, terlebih dahulu didaftarkan melalui Valet.

Ada dua cara untuk mendaftarkan aplikasi web melalui Valet, pertama menggunakan perintah valet park. Dengan perintah ini, memungkinkan kita mendaftarkan banyak aplikasi web sekaligus dalam direktori yang sama.

Sebagai contoh, kalian punya beberapa direktori aplikasi berbasis web dalam direktori /var/www/html. Dengan menjalakankan perintah valet park dari direktori tersebut, otomatis kita mendaftarkan semua aplikasi web di sana agar dapat diakses melalui peramban. Aplikasnya sendiri dapat diakses dengan format nama direktori sebagai domain diikuti dengan TLD .test.

Cara kedua, dengan mendaftarkannya menggunakan perintah valet link. Perintah ini berfungsi untuk mendaftarkan aplikasi web berdasarkan direktori tertentu saja. Masuk ke dalam direktori root aplikasi, kemudian jalankan perintah di bawah.

$ valet link upload-app

Parameter “upload-app” berfungsi untuk menentukan nama aplikasi yang terhubung sekaligus menjadi nama domain.

Untuk melihat semua aplikasi yang terhubung dengan perintah valet link, kalian dapat menjalankan perintah valet links seperti pada gambar di bawah.

Valet links

Valet links

Untuk menghapus link aplikasi dari Valet, kalian dapat menggunakan perintah valet unlink app-name.

Membagikan Aplikasi

Aplikasi yang kita jalankan di lokal juga dimungkinkan untuk diakses melalui internet. Tanpa aplikasi tambahan.

Hal ini dimungkinkan dengan layanan yang bernama HTTP tunnel. HTTP tunnel yang digunakan sendiri merupakan layanan yang disediakan oleh Ngrok.

Valet share

Valet share

Masih ada banyak pengaturan lainnya untuk keperluan pengembangan aplikasi di Linux menggunakan Valet. Kalian tentunya dapat membaca langsung pada dokumentasi yang telah disediakan oleh pengembang.

Yugo Purwanto

Pemrogram PHP dan JavaScript yang sedang sibuk mengembangkan aplikasi Glosarium Bahasa Indonesia.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.