Micro-framework Lumen 5.5 Dirilis

Riuh meriah rilis 5.5 masih menggema hingga saat ini. Beberapa pemrogram berlomba-loma membagikan pengalamannya menggunakan fitur baru di rilis tersebut. Tapi, bagaimana dengan pengguna Lumen?

Adik Laravel yang satu ini memang sedikit dianak-tirikan oleh Taylor Otwell. Walapun demikian, Lumen tentu saja terus mendapat perhatian oleh pengembang. Sesuai dengan janji pembuat Laravel, Lumen versi 5.5 dirilis setelah sekembalinya Taylor Otwell dari Eropa.

Lumen PHP Micro Framework By Laravel

Tanggal 5 September kemarin, merupakan hari berbahagia bagi pengguna Lumen, karena pada tanggal tersebut, Lumen versi 5.5 resmi dirilis.

Tidak ada fitur yang cukup wah untuk dicoba di Lumen versi 5.5, selain inti frameworknya yang menggunakan framework Laravel 5.5. Selebihnya, hampir tidak ada perbedaan denan versi sebelumnya.

Untuk memperbarui Lumen ke versi 5.5 dari aplikasi yang sudah ada, kalian cukup mengganti versinya melalui berkas composer.json.

"require": {
    "php": ">=7.0.0",
    "laravel/lumen-framework": "5.5.*",
    "vlucas/phpdotenv": "~2.2"
}

Atau, jika kalian menginstal baru framework Lumen, cukup menjalankan perintah di bawah melalui terminal kesayangan.

$ composer create-project laravel/lumen

Ngomong-ngomong, saya juga menulis tulisan berseri dengan judul Membuat API dengan Micro-Framework Lumen. Kunjungi pos tersebut jika kalian tertarik untuk mempelajari lebih dalam pembuatan API menggunakan Lumen. 😉

Tinggalkan Balasan