Laravel 5.5 Butuh PHP 7.1?

Jika kalian mencoba menginstal Laravel versi 5.5 dengan PHP 7.0, maka instalasi dipastikan gagal karena Laravel membutuhkan PHP 7.1.  Ini sedikit membingungkan karena jika dilihat di halaman dokumentasi, dijelaskan secara gamblang kalau Laravel bisa berjalan di PHP versi 7.0.

PHP 7.1

PHP 7.1 untuk Doctrine Instantiator

Usut punya usut, salah satu package dependensi Laravel mengharuskan penggunaan Laravel versi 7.1. Package tersebut adalah Doctrine Instantiator. Hal ini juga sempat dibahas di issues Github Laravel. Walau penggunaan versi 7.1 tidak secara langsung diharuskan oleh Laravel, tapi tetap saja instalasi berakibat gagal karena requirement tidak terpenuhi. Hal ini bisa jadi juga berpengaruh terhadap kinerja package tersebut.

Bagaimana solusinya?

Pertama, yang paling aman adalah meng-upgrade versi PHP saat ini ke versi 7.1. Pos mengenai upgrade versi PHP di Ubuntu dapat dibaca pada tulisan berikut. Beberapa distro Linux mungkin belum mendukung PHP versi 7.1 sepenuhnya. Maka diperlukan beberapa trik untuk memutakhirkannya.

Cara kedua jauh lebih mudah, yaitu menambahkan konfigurasi platform sesuai kebutuhan package/framework melalui composer.json. Buka berkas composer.json, pada bagian config, tambahkan properti seperti contoh di bawah.

"config": {
    "preferred-install": "dist",
    "sort-packages": true,
    "optimize-autoloader": true,
    "platform": {
        "php": "7.1"
    }
}

Hapus berkas composer.lock (jika ada), kemudian jalankan ulang instalasi melalui Composer. Perlu diingat, penggunaan cara kedua ini bisa berakibat terjadi kesalahan pada package Doctrine Instantiator. Jadi, risiko ditanggung masing-masing ya. 😀

Tinggalkan Balasan