String Helper Baru di Laravel versi 5.4 & 5.5

Walau di halaman dokumentasi Laravel sudah tersedia cara meng-upgrade ke versi 5.5 dari sebelumnya, Laravel versi 5.5 belum dirilis. Ya, kita memang bisa menggunakan versi terbaru Laravel (development) dari repositorinya, tapi sejatinya, versi 5.5 belum dirilis sepenuhnya ke publik.

Walaupun begitu, pembuat framework Laravel tersebut sudah mulai memaparkan beberapa fitur yang akan disertakan dalam rilis berikutnya. Seperti beberapa waktu lalu misalnya, Laravel memperkenalkan produk baru dengan nama Horizon. Package untuk management dan monitoring Queue yang menggunakan driver Redis.

Selain fitur besar, Laravel juga memperkenalkan dua helper baru dalam kategori string, yaitu Str::before($arg1, $arg2) dan Str::before($arg1, $arg2).

Helper Str::after()

Helper ini berfungsi untuk mendapatkan nilai setelahnya dari identifier yang ditentukan.

Mari kita ambil contoh, saya punya sebuah string dengan format alamat pos-el: yugo@laravel.web.id. Dari string tersebut, saya ingin mengambil nama domainnya. Dengan cara sederhana, kita bisa menggunakan potongan skrip berikut:

$domain = end(explode('@', 'yugo@laravel.web.id'));

Dengan, helper Star::before($string, $identifier), kita cukup melempar argumen pertama berupa string, kemudian melempar argumen kedua berupa identifier dengan tipe data string pula.

$domain = Str::before('yugo@laravel.web.id', '@');
// laravel.web.id

Sebelum menggunakan helper string, pastikan kalian telah mengimpor facade Str terlebih dahulu.

use Str;

Alternatif lain, kalian yang lebih suka menggunakan fungsi, bisa menggunakan alias fungsi dengan nama str_start($string, $identifier).

Helper Str::before()

Kebalikan dari helper di atas, di mana Str::before($string, $identifier) berfungsi untuk mengambil nilai sebelum identifier yang ditentukan.

Sebagai contoh, saya punya string dengan format alamat pos-el: yugo@laravel.web.id. Kemudian, saya ingin mengambil username dari email tersebut berdasarkan pattern di mana username berada sebelum string “@”.

$username = Str::before('yugo@laravel.web.id', '@');
// yugo

Helper Str::before($string, $identifier) juga tersedia dalam bentuk fungsi dengan nama str_before($string, $identifier).

***

Oh ya, ngomong-ngomong, dua helper di atas juga bisa kamu gunakan pada Laravel versi 5.4. Yang kalian lakukan cukup memperbarui package menggunakan Composer.

$ composer update

Selamat bereksperimen!

Yugo Purwanto

Pemrogram PHP dan JavaScript yang sedang sibuk mengembangkan aplikasi Glosarium Bahasa Indonesia.

Tinggalkan Balasan