Mengatur Pangkalan Data (Database)


Tutorial dalam tulisan ini akan menggunakan MySQL atau MariaDB sebagai pangkalan data (database) yang digunakan. Saya sendiri menggunakan distribusi MariaDB 10.1. Jika kalian menggunakan MySQL, maka hal tersebut juga tidak terlalu berpengaruh besar pada aplikasi.

Di Laravel, kita cukup perlu mengubah konfigurasi pangkalan data dari berkas .env untuk disesuaikan dengan konfigurasi di mesin lokal. Di Lumen, kita juga harus melakukan hal yang sama. Namun, ada satu langkah tambahan agar pangkalan data dapat digunakan dalam aplikasi.

Secara bawaan, Eloquent yang merupakan ORM di Laravel & Lumen, dinonaktifkan di micro-framework Lumen. Alasannya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk peningkatan performa. Dalam kasus kalian tidak menggunakan koneksi ke pangkalan data sama sekali, maka hal tersebut akan berpengaruh ke performa aplikasi jika Eloquent diaktifkan.

Buka berkas bootstrap/app.php, kemudian cari skrip seperti potongan di bawah.

$app = new Laravel\Lumen\Application(
    realpath(__DIR__.'/../')
);

// $app->withFacades();

// $app->withEloquent();

Hilangkan komentar pada bagian $app->withEloquent() untuk mengaktifkan Eloquent.

Kalian juga dapat mengaktifkan facade dengan menghilangkan komentar pada $app->withFacade(). Baca selengkapnya mengenai facade di Laravel.

Langkah terakhir, ubah konfigurasi pangkalan data pada berkas .env. Pastikan pangkalan data sudah kalian buat terlebih dahulu ya!

Tak Berkategori

Yugo Purwanto

Pemrogram PHP dan JavaScript yang sedang sibuk mengembangkan aplikasi Glosarium Bahasa Indonesia.

Tinggalkan Balasan