Frontend Preset (React, Vue) di Laravel 5.5


Tidak semua pengguna Laravel suka dan mau menggunakan VueJS. Ya, distribusi Laravel 5.4 (dan 5.3) disertakan VueJS di dalamnya. Tak hanya librarinya, tapi juga contoh penggunaan dan pembuatan komponen VueJS beserta kompilasinya menggunakan Laravel Elixir atau Laravel Mix.

Walau VueJS tersebut dapat dihilangkan dengan beberapa langkah, tapi tetap saja merepotkan bagi pemrogram yang memulai langkah pembuatan aplikasi. Itu baru meghilangkan VueJS, bagaimana jika ingin menambahkan librari baru untuk frontend? Seperti React misalnya.

Padahal, salah tujuan utama framework adalah fokus pada pemecahan masalah dan pengembangan aplikasi pada task spesifik, tanpa harus direpotkan dengan manajemen asset & kompilasinya. Apalagi bagi pemorgram yang cenderung berperan sebagai back-end developer.

Taylor Otwell menyadari hal ini, sebagai salah satu inovasi di rilis berikutnya, fitur yang cukup menarik yang akan disematkan adalah preset frontend. Pemorgram dapat menentukan sendiri librari frontend yang akan digunakan. Rencananya, baru ada dua librari JavaScript yang tersedia, ialah React dan VueJS yang sudah ada dari rilis sebelumnya. Selain itu, juga tersedia librari CSS Bootstrap.

React

Jika kalian pecinta React dan ingin menggunakannya bersamaan dengan Laravel, framework tersebut sudah menyediakan perintah untuk menggunakannya melalui Artisan Console.

$ php artisan preset react

Jika dalam direktori resources/assets/js/app ditemukan salah satu contoh komponen VueJS, maka dengan menggunakan React, kita bakal mendapati salah satu contoh komponen React dengan ekstensi .js.
Oh ya, sebagai bawaan, preset yang digunakan adalah VueJS.

Bootstrap

Tak hanya librari JavaScript, kita juga dapat menyetel penggunaakn Bootstrap dalam aplikasi. Dalam kasus, kalian menggunakan CSS framework lain misalnya.

$ php artisan preset bootstrap

Preset tersebut akan menghapus semua librari JavaScript seperti React atau Vue, (dan Lodash mungkin), tapi tetap membiarkan Bootstrap berada dalam instalasi — termasuk jQuery tentunya — .

Tanpa Frontend Sama Sekali

Seandainya tidak ingin menggunakan librari frontend (JS maupun CSS), kalian bisa menggunakan perintah berikut untuk menghapus semuanya. Tanpa perlu langkah ribet menghapusnya satu persatu pada skrip.

$ php artisan preset none

Fitur di atas tersedia mulai dari Laravel versi 5.5, dan akan jadi versi LTS (Long Term Support) framework tersebut. Menurut kabar, versi 5.5 akan dirilis sekitar bulan Juli atau Agustus. Semoga lancar aja ya pengembangannya, jadi rilisnya tidak tertunda. 😂

Tak Berkategori

Yugo Purwanto

Pemrogram PHP dan JavaScript yang sedang sibuk mengembangkan aplikasi Glosarium Bahasa Indonesia.

Tinggalkan Balasan