Insomnia  –  A simple, beautiful, and free REST API client


Bagi yang kesehariannya berkutat dengan backend dan API, mestilah butuh client untuk melakukan ujicoba. Salah satu REST API Client yang paling populer adalah Postman.

Postman merupakan client yang pas menurut saya. UI-nya bagus, dilengkapi berbagai fitur yang memudahkan dalam testing, serta mudah dalam penggunaan. Sayangnya, Postman hanya dapat berjalan di atas Chrome. Itu artinya, bagi saya sebagai pengguna Firefox, Postman merupakan hal yang tak dapat digunakan di mesin lokal.

Postman sekarang sudah tersedia untuk aplikasi stand-alone untuk berbagai platform, semisal Linux, Windows, dan Mac. Jadi, memungkinkan diinstal tanpa harus menggunakan Google Chrome atau Chromium. Sebagai informasi, Postman untuk dekstop dibangun menggunakan Electron.

Apps

See some of the amazing apps built on Electron.

Mencari addon serupa dengan Postman untuk Firefox bukanlah perkara mudah. Bukannya tidak ada, tapi tidak senyaman ketika menggunakan Postman. Saya sempat menggunakan lebih dari satu REST client pada Firefox agar masing-masing addon dapat saling melengkapi.

Beruntungnya, beberapa waktu lalu saya menemukan sebuah aplikasi berbasis desktop bernama Insomnia sebagai REST client alternatif pengganti Postman. Dari sisi UI dan UX, Insomnia lebih sederhana dan nyaman digunakan. Fiturnya pun tak kalah lengkap dibandingkan dengan Postman. Paling menarik adalah, Insomnia mendukung berbagai platform seperti Windows, Linux dan OSX sebagai aplikasi yang berdiri sendiri. Dan, gratis tentunya.

Manajemen envionment dan variabel

Manajemen envionment dan variabel

Ada banyak fitur gratis yang ditawarkan oleh Insomnia, beberapa di antaranya manajemen environment dan workspace yang memunkinkan kita berpindah project tanpa harus mengatur ulang request dan response. Fitur lainnya berupa generate request ke dalam berbagai bahasa pemrograman, seperti PHP, JavaScript, dan lain sebagainya.

Generate sebagai bahasa pemrograman

Generate sebagai bahasa pemrograman

Selengkapnya mengenai penggunaan Insomnia dapat dibaca langsung pada dokumentasi resminya. 😉

Tampilan sederhana dan mudah digunakan

Tampilan sederhana dan mudah digunakan

Tak Berkategori

Yugo Purwanto

Pemrogram PHP dan JavaScript yang sedang sibuk mengembangkan aplikasi Glosarium Bahasa Indonesia.

1 comment

Tinggalkan Balasan